Skip to main content

Tentang Tornado dan Pintu Basement yang misterius #Cerita dari Iowa

Suatu hari, seminggu setelah kami balik dari Chicago, stasiun TV The Weather Channel mengingatkan bahwa Iowa bakal diserang severe thunderstorm yang berpotensi menjadi Tornado.  Saya yang sedang asik melahap sebiji apel hasil 'jarahan' di UDCC nyaris keselek mendengarnya. 'What??Tornado???'
Dengan segera saya mengeraskan volume TV. 

'Mbak-mbak' penyiar WC (kok jd WC??) yang berambut pirang itu menjelaskan pada pemirsa potensi angin, storm and bla..bla..dengan riang gembira tanpa menghiraukan perasaan galau kami, perantau yang belum punya pengalaman dengan tornado dan sebagainya. Kontan, saya dan teman-teman lainnya jadi agak panik sendiri. Apalagi waktu itu, emak kami, Ms. Xiong, lagi ke Georgia, menghadiri kedukaan grandpha nya yang meninggal saat kami trip ke Chicago. Otomatis, kami bingung mo bertanya pada siapa soal kebenaran berita ini.

Di kampus, saya sempat bertanya pada staff IEOP tentang 'rencana' akan datangnya si Mas Tornado ini. Mereka tenang-tenang aja. Menurut cerita mereka, Iowa emang sering diserang Tornado. kalo di Ames sendiri so far belum ada yang parah-parah amat. "Every building here have basement, so you don't need to be worry, Riska.."kata Jessie, paman-tanpa-ekspresi kami. 

Yeah...itu kabar baiknya. Kabar buruknya, kami tak tau bagaimana mencapai basement di apertement kami. 
Sejak awal kami tiba di SV, kami tidak ditunjukkan dimana letak pintu menuju basement bila something darurat terjadi. 

Ada sebuah pintu darurat yang mencurigakan di bawah tangga. Menurut anggapan kami, pintu itu kemungkinan adalah  pintu menuju basement. Sayang, pintu itu terkunci. Di depannya tertulis "FIRE DOOR, KEEP CLOSED"

Wokeh.Jadi dimanakah jalan menuju basement??

Teman-teman lain pun bingung. Katanya basement ada di Laudry.. Dari apa yang saya baca di pesan yang ada di samping pintu masuk room 9B, katanya in case of emergency, kalo ada cyclone ato tornado menyerang, kami bisa bersembunyi di basement yang terdapat di laundry. 
Yaelah...jauh amat..kalo si mas Tornadonya keburu datang, masa kami harus ngacir ke laundry dulu buat berlindung. Aduuh..bingung.
Ibu Evi yang baik hati, seorang Indonesian yang menikah dan menetap di Iowa, mengirimkan email kepada kami untuk mengingatkan soal cuaca buruk yang diprediksi bakal menyerang Iowa ini.  

For Your Information, weather forecast hr ini diprediksi 90% chance of rain, strong to severe thunderstorm (kilat dan petir) and possible hail (hujan es). Jangan lupa bawa payung ke kampus. Effective severe weather forecast (ramalan cuaca) mulai siang ini sampai malam, termasuk strong wind.
Bbrp hal yang berlu dihindari kalau thunderstorm warning:
1. Jauhi jendela kaca, 2. Hindari mandi menggunakan shower (krn dapat menghantarkan arus listrik), 3. Hindari menggunakan telephon, 4. Sebaiknya tdk menggunakan laptop dan electronic devices lainnya, juga semua yang menggunakan headphone. Seandainya ada tornado warning berupa sirene, selamatkan dokumen penting spt passport dll, cari perlindungan ke basement apartment kalian..Semoga semua maklum demi keselamatan.
Bu Evie

***
Sorenya, cuaca nampak memburuk. Gelegar dan gemuruh terdengar di kejauhan. Awan cumullunimbus menggantung, menggulung-gulung di langit kota Ames. Angin bertiup perlahan memainkan ranting-ranting kering pepohonan yang daunnya telah berguguran. 

Saya sedang asyik asyiknya menonton sebuah drama di TV Lokal, tiba-tiba suara bising seperti sirene terdengar dari box elektronik itu. 
Tornado warning!
Rupanya Tornado  menyerang Iowa. Bukan di Ames. Tepatnya di dekat ibukota Des Moines.
'Wah..sesuatu nih'batin saya sedikit panik.
Saya mengintip keluar. Mudah-mudahan gak sampe sini nih mas Tornadonya.
Beberapa menit kemudian, terdengar sebuah ketukan di pintu apartemen saya. Luqman dan Yusuf rupanya.
"Kamu dengar tadi informasi di TV, ris?"tanya mereka.
"iya, waduh gimana dong..basement mana basement?'
Tetangga dari apartemen 9c itu mengedor-gedor pintu FIRE DOOR di bawah tangga.
"Wah gak bisa....ya.. udah berdoa aja mudah-mudahan tornadonya gak sampe sini".
Lalu kedua bocah itu ngeloyor pergi, naik kembali ke lantai atas. Meninggalkan saya sendirian, menatap nanar 'FIRE DOOR harapan' yang tak kunjung terbuka. 

Saya gak ingat kemana roomate saya, Lyla, sore itu. Entah sedang di kamar ato sedang berkelana ke Walmart. Maka saya yang merasa sendirian memutuskan untuk ngacir ke apatermen sebelah, di 10 B, apartemen si Suci dan Anggi, sekalian solat magrib berjamaah di sana.

Setibanya di sana, rupanya sudah ada Vita, Lia dan Dilla. Katanya mereka sempat panik juga dengan tornado warning tadi n berharap semoga gak kejadian di Ames. 

Si Suci sebaliknya, dengan riang gembira dan penuh suka cita dia berkata: 
"Eh tau gak, aku malah pengen liat tornado yang sebenarnya, mumpung kita di Amrik, selama ini kan kita cuma liat di tipi"
Yang di balas Anggi ( ato Dilla): "Yee..mana bisa kita liat tornado kalo kitanya sembunyi di basement'
Yang di balas oleh saya: "Syukur kalo ada basement, nah ini pintu menuju basementnya aja kita kagak tau"
Yang dipotong oleh teh Lia: "Ya udah mendingan kita solat aja trus ngaji, minta doa biar dilindungi dari bahaya

Kami pun segera solat berjamaah.

Di luar, hujan mulai turun perlahan. Angin mendayu-dayu memaikan ranting kering tepat di balik jendela apartemen 10. Gelegar guntur masih terdengar di kejauhan. Sesekali 'kilat' nampak menyambar, membelah langit kota Ames.

Sore itu, doa sehabis solat saya lebih panjang dari biasanya.

***
Keesokan harinya....

Alhamdulillah severe weather tidak terlalu serius di Ames td malam. In case of another severe weather lagi..sy anjurkan utk stay tune di channel TV 26, 13, 5, 8 for complete coverage..disitu akan terlihat semua pergerakan arah angin dll yg dikirim via radar. Tornado did touch down semalam di Selatan Iowa dan menghancurkan bbrp rumah. Semalam sebetulnya sy coba telp Lukman/Yusuf..ada nada sambung namun telp tdk diangkat. Patut kita syukuri, hr ini cuaca lumayan agak lbh baik. Cuaca spring di daerah midwest rata2 spt ini tiap thnnya. Thn 2005 Ames pernah kena tornado kecil namun cukup dahsyat. Klo angin kencang, jauhi kaca jendela/cermin kamar mandi..kl td ada basement, usahakan berlindung di dalam closet (lemari pakaian) atau kamar mandi, sekali lagi kl di kmr mandi, jauhi cermin. Mudah2an tdk akan ada lagi bad weather selanjutnya..
Bu Evie




*Ames, Iowa.
  Maret, setahun yang lalu


Comments

Popular posts from this blog

Berburu Megalith di Lembah Besoa

Hamparan alam nan hijau tersaji dihadapan kami ketika mobil avanza yang kami tumpangi memasuki Lembah Napu Kabupaten Poso. Rintik-rintik hujan,semilir angin, udara yang sejuk berbalut kabut tipis menyambut kedatangan kami  di tempat itu. Gunung, padang rumput yang membentang, jalanan yang berkelok-kelok menyatu memberi kesan eksotisme khas pedalaman. Setelah melewati perjalanan darat berjam-jam dari Palu, dengan medan tempuh yang lumayan gak asik, kami akhirnya semakin dekat ke tujuan yaitu Desa Doda, Lembah Besoa, Lore, Kab. Poso. *** Gagasan untuk mengunjungi situs megalitik di lembah Besoa, Napu muncul secara spontan di kepalaku. Awalnya tujuan kami bukan Napu melainkan hanya sampai di Danau Tambing, sebuah danau rekreasi di daerah Taman Nasional Lore Lindu sekitar 3 jam dari kota Palu. Sudah beberapa kali kawan-kawan kantor saya mengajak untuk camping di danau itu, namun saya tolak karena beberapa alasan. Hingga suatu hari, ketika saya dan teman-teman sesama anggota Eng

SEPUTAR BEASISWA ITEC INDIA

Berhubung belakangan ini banyak teman-teman yang bertanya segala sesuatu tentang program Beasiswa ITEC,akhirnya setelah 3 tahun berlalu (kelamaan yeee? :D), saya memutuskan untuk menuliskan beberapa informasi (yg saya ketahui dan sy alami ) ttg beasiswa ini. Well..berikut ini adalah beberapa hal ttg ITEC yang perlu diketahui. Apa itu ITEC? ITEC adalah singkatan dari Indian Technical and Economic and Cooperation Programme dan merupakan suatu program beasiswa dan training yang dibiayai secara penuh oleh pemerintah India (fully-funded) dan bisa diikuti oleh kurang lebih 161 negara yg merupakan ITEC Partner Countries dimana Indonesia Termasuk salah satunya. Apa saja program training yang ditawarkan? Program Itec menawarkan beberapa bidang   Seperti ekonomi keuangan dan perbankan,manajemen,teknologi informasi ,komunikasi dan bahasa inggris,teknik,dsb.(untuk lebih jelasnya bisa di lihat di brosur yg bisa diunduh di website ITEC www.itec.mea.gov.in ). Ada beragam program

USS Indianapolis:Men of Courage, Kisah Tragis di Balik Bom Atom Hiroshmia

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di masa perang dunia II. Kala itu situasi dunia tengah memanas. Setelah pengeboman Pearl Harbor di Hawai oleh Jepang, Amerika Serikat berniat untuk melakukan balas dendam. Dendam yang akhirnya berujung menjadi salah satu tragedi kemanusiaan terbesar di abad ke 21. Berkisah tentang tenggelamnya kapal perang AS,USS Indianapolis yang menyisakan tragedi mengerikan bagi para awaknya. Adalah kapten McVay (diperankan oleh Nicholas Cage) yang mendapat titah dari pemerintah AS untuk menjalankan sebuah misi rahasia ke sebuah pulau terpencil di Samudera Pasifik. McVay diperintahkan untuk memimpin Kapal Induk USS Indianapolis, salah satu kapal perang terbesar saat itu, yang ternyata memuat salah satu elemen penting dalam pembuatan bom atom' Little Boy" yang nantinya akan dijatuhkan di Hiroshima. Meski tak satupun dari mereka yang mengetahui apa yang tengah mereka muat di atas kapal, Kapten Mcvay menerima perintah tersebut. Sebelum b