Skip to main content

Susahnya Ngomong Bahasa inggris sama Orang China #part 2

Membaca kisah Trinity tentang betapa susahnya ngomong bahasa Inggris dengan para Chinesse sedikit menggelitik memori saya. Waktu di Iowa, saya punya beberapa kenalan orang China asli  tanpa bahan pengawet, alias China yang emang berasal dari tanah leluhurnya di China Daratan sana. Bukan China peranakan yang banyak kita temui di Indo sebagai pemilik toko A dan toko B. Rupanya, di Iowa State ada banyak sekali mahasiswa Asia terutama yang berasal dari China. Mereka seperti orang China pada umumnya: bermata sipit, berkulit kuning, modis,(nampak) tajir, punya gadget-gadget terbaru dan selalu bergerombol dengan sesamanya. katakanlah, Eksklusif!. Hampir di semua kelas IEOP, saya pasti sekelas dengan para mahasiswa China ini. Paling banyak adalah di kelas Writing dimana sebagian besar studentnya adalah mereka, hanya saya, Ocu. Luqman dan William  yang bukan Chinesse. Saya sempat kaget dan bertanya-tanya dalam hati "Ni gue di Amrik apa di China yah?? scara kemana mata memandang, pasti ada mereka.

Awalnya saya agak segan untuk bertegur sapa dengan mereka di kelas. Apalagi kalo bukan karena ke'ekslusifan' mereka. Bila berhadapan dengan orang non-China mereka pendiammmm banget, sedikit terkesan sombong, tapi kalo lagi ngumpul dengan sesamanya, buset dah, nyerocos bla..bla..bla.. pake bahasa mandarin sampai-sampai dosen saya, Mark Callison harus memberikan 'Surat Peringatan' agar lebih tertib dan sopan di dalam kelas. Saya ingat betapa kesalnya Ocu ketika para Chinesse ini mulai ngobrol (dengan bahasa mandarinnya) disela-sela jam pelajaran. Saya jadi geli sendiri ngeliat desye cemberut sambil mengumpat dalam bahasa Indonesia. Hihi..

Tetapi hal itu justru membuat saya ingin mengenal para Chinesse ini lebih dekat. Jujur, saya rada penasaran dengan 'tabiat' para Chinesse yang begitu ekslusif ini. Saya ingat sebuah pesan di film favorit saya kala masih anak-anak, Petualangan Sherina, katanya kalo kita mau menilai seseorang itu, kita harus mengenalnya lebih dekat agar kita tau sebab musababnya kenapa ia bersikap/bertingkah seperti itu. Maka saya pun mendekati para Chinesse itu. Orang yang pertama kali saya dekati adalah Vivian. 

My Chinessemate

Dengan SKSD tingkat dewa, saya mengajaknya ngobrol dannnnn...*glek* bahasa Inggrisnya parah. Whoaa..rupanya benar kata orang selama ini. orang China itu paling susah ngomong Bahasa Inggris. Tapi Vivian masih oke bila dibandingkan beberapa teman lainnya yang asli bikin saya harus pasang kuping baik-baik bila lagi ngomong dengan mereka. Bahkan tidak jarang saya meminta mereka menuliskan or mengeja kata yang mereka ucapkan agar bisa memahami maksud dari perkataaannya. Di kelas Grammar saya juga punya beberapa orang teman Chinesse yang parah banget ngomong bahasa Inggris. Pernah suatu kali, Kim, salah satu diantara Chinesse students di kelas itu, melayangkan sebuah pertanyaan tentang penggunaan past perfect tense kepada Marc, dosen grammar saya. 

"Marc..keng yu ekspleng ..ai kongfusa,wengwi yuza dise? wateede difelenge witee plesent pelfeke??

Marc hanya bisa melongo mendengarkan pertanyaan Kim, dan memintanya untuk mengulangi, sekali, dua kali, bahkan sampai tiga kali. 

Saya, Dhama dan Lyla harus menggit bibir untuk tidak tertawa. Bukan.. bukan karena mengetawai Kim,tapi ekspresi pak Marc saat Kim bicara itu benar-benar kocak abis. Tidak jarang, kami harus membantu Marc untuk mengartikan apa yang dikatakan Kim (bahasa Inggris Kim adalah yang paling parah diantara para Chinessemate saya). Kata Vivian hal inilah yang membuat mereka malu bila harus berbicara dengan bule ato International student lainnya. Jadi, mereka akan lebih memilih diam sehingga terkesan sombong dan angkuh. Saya pun manggut-manggut. Mahfum.*elus-elusjenggotyangtidakada

Mostly Chinesse students yang kuliah di negara-negara western pasti memiliki dua nama. Nama asli dan nama palsu panggilan. Hal itu dipicu oleh ketidaktegaan mereka melihat para bule dan international student lainnya  kesulitan mengeja nama mereka. Seperti Vivian (yang nama aslinya Xinyu Wei), Gwyneth (saya tidak tau nama aslinya) atau John (saya juga tidak tau). Ide yang bagus menurut saya.
My writing class

Bye the way,  ternyata para Chinesse ini gak seburuk perkiraan saya sebelumnya. mereka oke dan asyik juga diajak ngobrol. Rupa-rupanya nama Indonesia di China cukup familiar. John, teman saya di kelas Speaking langsung nyeletuk' Taufik Hidayat!' waktu saya ngobrol soal badminton dengan dia (saya balas:'Lin dan!'). Saya juga kerap berdiskusi seru dengan Graven dan John. Saling bertukar informasi tentang negara masing-masing. Lucunya, saya pernah membaca tentang Kanibalisme di China dimana ada orang-orang tertentu yang suka makan sup orok (yaik!). Pada Graven dan Vivian saya mengkonfirmasi hal itu.
"You guys know about that??"
Mereka saling berpandangan dengan tatapan bingung, sebelum menjawab
 "Noooooo....' bersamaan. " It's so yuckyyyy! Bagaimana bisa? di mana itu?? " tanya Graven.
dalam hati saya berujar.. "Yeeeee...yang Chinesse sapa, yang ditanyain sapa'. ckckc

Saya lupa kalo China itu luas.

Comments

Popular posts from this blog

Berburu Megalith di Lembah Besoa

Hamparan alam nan hijau tersaji dihadapan kami ketika mobil avanza yang kami tumpangi memasuki Lembah Napu Kabupaten Poso. Rintik-rintik hujan,semilir angin, udara yang sejuk berbalut kabut tipis menyambut kedatangan kami  di tempat itu. Gunung, padang rumput yang membentang, jalanan yang berkelok-kelok menyatu memberi kesan eksotisme khas pedalaman. Setelah melewati perjalanan darat berjam-jam dari Palu, dengan medan tempuh yang lumayan gak asik, kami akhirnya semakin dekat ke tujuan yaitu Desa Doda, Lembah Besoa, Lore, Kab. Poso. *** Gagasan untuk mengunjungi situs megalitik di lembah Besoa, Napu muncul secara spontan di kepalaku. Awalnya tujuan kami bukan Napu melainkan hanya sampai di Danau Tambing, sebuah danau rekreasi di daerah Taman Nasional Lore Lindu sekitar 3 jam dari kota Palu. Sudah beberapa kali kawan-kawan kantor saya mengajak untuk camping di danau itu, namun saya tolak karena beberapa alasan. Hingga suatu hari, ketika saya dan teman-teman sesama anggota Eng

SEPUTAR BEASISWA ITEC INDIA

Berhubung belakangan ini banyak teman-teman yang bertanya segala sesuatu tentang program Beasiswa ITEC,akhirnya setelah 3 tahun berlalu (kelamaan yeee? :D), saya memutuskan untuk menuliskan beberapa informasi (yg saya ketahui dan sy alami ) ttg beasiswa ini. Well..berikut ini adalah beberapa hal ttg ITEC yang perlu diketahui. Apa itu ITEC? ITEC adalah singkatan dari Indian Technical and Economic and Cooperation Programme dan merupakan suatu program beasiswa dan training yang dibiayai secara penuh oleh pemerintah India (fully-funded) dan bisa diikuti oleh kurang lebih 161 negara yg merupakan ITEC Partner Countries dimana Indonesia Termasuk salah satunya. Apa saja program training yang ditawarkan? Program Itec menawarkan beberapa bidang   Seperti ekonomi keuangan dan perbankan,manajemen,teknologi informasi ,komunikasi dan bahasa inggris,teknik,dsb.(untuk lebih jelasnya bisa di lihat di brosur yg bisa diunduh di website ITEC www.itec.mea.gov.in ). Ada beragam program

USS Indianapolis:Men of Courage, Kisah Tragis di Balik Bom Atom Hiroshmia

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di masa perang dunia II. Kala itu situasi dunia tengah memanas. Setelah pengeboman Pearl Harbor di Hawai oleh Jepang, Amerika Serikat berniat untuk melakukan balas dendam. Dendam yang akhirnya berujung menjadi salah satu tragedi kemanusiaan terbesar di abad ke 21. Berkisah tentang tenggelamnya kapal perang AS,USS Indianapolis yang menyisakan tragedi mengerikan bagi para awaknya. Adalah kapten McVay (diperankan oleh Nicholas Cage) yang mendapat titah dari pemerintah AS untuk menjalankan sebuah misi rahasia ke sebuah pulau terpencil di Samudera Pasifik. McVay diperintahkan untuk memimpin Kapal Induk USS Indianapolis, salah satu kapal perang terbesar saat itu, yang ternyata memuat salah satu elemen penting dalam pembuatan bom atom' Little Boy" yang nantinya akan dijatuhkan di Hiroshima. Meski tak satupun dari mereka yang mengetahui apa yang tengah mereka muat di atas kapal, Kapten Mcvay menerima perintah tersebut. Sebelum b