Skip to main content

SEPUTAR BEASISWA ITEC INDIA



Berhubung belakangan ini banyak teman-teman yang bertanya segala sesuatu tentang program Beasiswa ITEC,akhirnya setelah 3 tahun berlalu(kelamaan yeee? :D), saya memutuskan untuk menuliskan beberapa informasi (yg saya ketahui dan sy alami ) ttg beasiswa ini.
Well..berikut ini adalah beberapa hal ttg ITEC yang perlu diketahui.

Apa itu ITEC?
ITEC adalah singkatan dari Indian Technical and Economic and Cooperation Programme dan merupakan suatu program beasiswa dan training yang dibiayai secara penuh oleh pemerintah India (fully-funded) dan bisa diikuti oleh kurang lebih 161 negara yg merupakan ITEC Partner Countries dimana Indonesia Termasuk salah satunya.

Apa saja program training yang ditawarkan?
Program Itec menawarkan beberapa bidang  Seperti ekonomi keuangan dan perbankan,manajemen,teknologi informasi ,komunikasi dan bahasa inggris,teknik,dsb.(untuk lebih jelasnya bisa di lihat di brosur yg bisa diunduh di website ITEC www.itec.mea.gov.in ). Ada beragam program kursus yg bisa kita daftar sesuai dengan minat dan kebutuhan kita.

Siapa saja yang bisa mendaftar ITEC?
ITEC bisa diikuti oleh siapa saja yang sudah bekerja dan ingin menambah keilmuan mereka di bidang yg mereka geluti atau hanya sekedar ingin belajar bahasa inggris secara intensif.
Secara umum berikut persyaratannya:
1.  bekerja di pemerintahan, private and public sector, universitas, parastatals, universitas, ato industri
2. Pengalaman kerja 3-5 tahun.
3. Usia 25-45 tahun.
4. Sehat jasmani dan rohani.
 


Berapa lama program ITEC berlangsung?Dimana?
Lama w aktu Training ITEC Bervariasi tergantung program yg kita pilih mulai dari yg hanya 2 minggu sampai 12 bulan. Saya waktu itu mengambil program certificate of english proficiency of business communications and life skills selama 2 bulan di CMC Academy,New Delhi. Oh ya untuk trainingnya dilakukan diberbagai lembaga pendidikan dan universitas dibeberapa kota di India sesuai dg bidang yg kita pilih. Saya sengaja mengambil program kursus di New Delhi selain karena program yg di tawarkan CMC academy New Delhi sesuai dengan bidang saya di,PT Telkom,saya juga ingin merasakan kehidupan a la ibukota di India hehe. Beberapa teman memilih di universitas Chennai dan Hyderabad.

Apa saja yang ditanggung oleh beasiswa ini?
Karna beasiswa ini sifatnya Fully-Funded maka semua kebutuhan kita selama program akan ditanggung oleh pemerintah India yaitu:
-Visa (saya urus visa di Konsulat India di Bali, dari Palu ke Bali biaya pribadi yaa..gak ditanggung oleh pemberi beasiswa)
-Tiket PP Indonesia-India ( waktu itu saya naik Malaysia Airlines dengan rute Denpasar-Kualalumpur-Newdelhi)
-Uang Saku (Rs.25000 ato senilai hampir Rp.5jt rupiah per bulan, untuk kurs tahun 2013)
-Hotel/Apartemen (saya menginap di hotel, Tiap peserta 1 kamar, ada juga teman di kota lain yang tinggal di apartemen)
-Makan pagi (karna tinggal di hotel*untuk yg tinggal di apartemen tidak berlaku ya*,jadi makan paginya gratis,sementara untuk makan siang dan makan malam silahkan beli sendiri dari uang saku perbulan yg diberikan)
-Asuransi Kesehatan ( saya kurang ingat brp nominalnya, yg pasti selama program kita memperoleh asuransi, teman sy sempat jatuh sakit dan di opname di rumah sakit dan semuanya ditanggung oleh pemerintah india)
Selain itu, selama program kita akan diikutkan dalam tur ke beberapa kota iconic di India, termasuk Taj Mahal, selama tur tersebut semua biaya ditanggung (hotel,makan,pesawat/bus,tiket masuk ke tourism spot) kecuali untuk biaya oleh-oleh dan keperluan pribadi lainnya.
Bagaimana Prosedur melamar beasiswa ITEC?
Pertama-tama buka webnya, pilih kursus yang akan diikuti,isi form aplikasi online,dowload,lengkapi persyaratan yang diminta. Kemudian kirim ke kedutaan besar India. Karna saya dari Palu, maka waktu itu saya mengirimkan aplikasi saya ke konsulat India di Bali karena Bali secara geografis lebih dekat dari Palu ketimbang ke Jakarta,itulah mengapa ketika berangkat ke India, saya berangkat via Denpasar karena segala sesuatunya saya urus di konsulat India di Denpasar.
Setelah aplikasi dikirim (sebaiknya kirim aplikasi paling lambat 2 bulan sebelum program kursus di mulai, lebih lama dari itu lebih bagus),dalam kurun 1-2 minggu kita akan di telepon dari konsulat India, kemudian ada wawancara singkat menggunakan bahasa Inggris. Adapun wawancaranya hanya berkisar tentang aplikasi yang telah kita kirim, paling banter pertanyaan seputar,motivasi ikut program  ITEC dan apa yg akan kita lakukan setelah mengikuti program ini.
Jikalau aplikasi kita diterima, setelah wawancara via telpon tersebut,sekitar 1-2 minggu kemudian kita akan memperoleh email yg berisi bahwa kita dinyatakan lulus beasiswa tersebut. Kalaupun kita tidak lulus,biasanya tidak ada email pemberitahuan apapun, hanya yang lulus yang akan memperoleh email.
Setelah dinyatakan lulus, kita akan diminta mengisi form aplikasi visa online, kemudian diundang ke konsulat india untuk menyelesaikan semua urusan terkait keberangkatan. nantinya, bakal ada short briefing juga dengan orang konsulat seputar pengenalan kehidupan di India dan program ITEC secara umum.

Bagaiman system belajar selama program?
Selama kursus kita akan belajar setiap hari dari senin-jumat seperti waktu jaman kuliah dulu.  Fasilitas kelasnya sangat memadai. Adapun jam belajarnya terdiri dari 2 sesi( ini untuk CMC Academy ya, di institusi lain bisa jadi berbeda) yaitu kelas pagi dan kelas siang,kelas pagi mulai pukul 9 sampai pukul 2 siang, dan kelas siang mulai pukul 2-sampai pukul 7 malam.

Transportasi ke kampus bagaimana?
Tenang, Untuk transportasi dari hotel ke kampus/ training institute, kita akan difasilitasi dengan bus yang khusus mengantar jemput peserta ITEC. Bus ini akan selalu stand by setiap hari. Tapi hanya dari hotel ke kampus yaa…kalo mo melancong keliling kota silahkan naik kenderaan umum.hehe. Kalo di Delhi kemana-mana bisa naik Delhi Metro,metronya bagus,bersih,stasiunnya juga keren. Kalo cuma jarak dekat bisa naik bajaj (kalo di India lebih dikenal dg nama tuk-tuk ato oto)

 Di akhir program, apakah kita akan memperoleh sertifikat?
Ya,kita akan memperoleh sertifikat. Adapun untuk kasus di CMC Academy, diakhir program akan ada acara khusus semacam farewell party di salah satu hotel di New Delhi, pada cara itulah kita akan diberikan sertifikat secara seremonial oleh para petinggi CMC yang menjadi perwakilan pemerintah India.

Hmm..apalagi ya?untuk saat ini itu saja dulu. Kalopun  ada informasi yang ingin ditanyakan lebih jauh,feel free to ask me via email di : me_ikafs@gmail.com.
Insha Allah akan saya balas.
Foto Grup di akhir program,Hari terakhir di CMC Academy

Penyerahan Sertifikat itec

Kampus-Hotel diantar jemput sama bus yg sudah disediakan

Trip ke Jaipur,All is free

Suasana kelas di CMC Academy, foto abis belajar sama teman2 dari  benua :D

Farewel Party,dance untill we drop haha

Taj Mahal Visit, Gratiss tis tis

Pamer Sertifikat

Name tag buat bagasi biar ga kececer hehe



Comments

  1. waaah sangat menginspirasi....saya ingin tanya-tanya mba dan sudah kirim email tapi katanya delivery to the following recipient failed. ada email lainnya g mba? terima kasih

    ReplyDelete
  2. silahkan di chat via messengger fb ya :)

    ReplyDelete
  3. Salam kenal dari Ambon, Mbak. Saya mau nanya. Setelah dinyatakan lulus, kita akan diminta mengisi form aplikasi visa online, kemudian diundang ke konsulat India untuk menyelesaikan semua urusan terkait keberangkatan. Biaya transport ketika diundang ke Konsulat India itu ditanggung pihak Pemerintah India ataukah biaya sendiri sebagaimana untuk mengurus visa yg Mbak sampaikan di awal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf atas semua comment di sini,,sudah begitu lama saya tidak buka blog, mungkin balasan saya telat, tapi smoga bisa bermanfaat bagi yang akan apply berikutnya, Biaya transport dan visa tidak ditanggung oleh pemerintah India, jadi kita bayar sendiri. Untuk biaya visa cukup murah di tahun 2013 hanya sekitar 600rb, mungkin yg akan mahal adalah biaya tiket psawat mngingat skrg harga tiket melambung tinggi. Sebagai tips, jika memang dinyatakan lolos beasiswa ITEC, berangkatlah ke Konsulat India 3hari ato 1 Minggu sebelum tgl keberangkatan, ursan visa tidak lama, sehari pun kelar, jadi bisa langsung brgkat tanpa perlu kembali ke kota asal,kalo ada keluarga ato tmn yg bisa ditumpangi di Bali atau Jakarta lebih bagus dan lebih hemat lgi heheh

      Delete
  4. berapa nilai skor toefl yang dipersyaratkan? Wajibkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada syarat TOEFL di jaman saya, tapi untuk jaga2,,,,siapkan toefl minimal 500

      Delete
  5. mbak klu lolos,brp lama diberitahukannya sblm tanggal kursus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya lalu kursus mulai tgl 20 Januari, saya diberitahu tgl 31 Desember klo lulus, jd ada wktu 20 hari untuk prepare. maafkan atas keterlambatan balasan sy

      Delete
  6. mbak klu lolos,brp lama diberitahukannya sblm tanggal kursus?

    ReplyDelete
  7. salam kenal mba, sya dulu juga dapat ITEC di ahmedabad, Gujarat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berburu Megalith di Lembah Besoa

Hamparan alam nan hijau tersaji dihadapan kami ketika mobil avanza yang kami tumpangi memasuki Lembah Napu Kabupaten Poso. Rintik-rintik hujan,semilir angin, udara yang sejuk berbalut kabut tipis menyambut kedatangan kami  di tempat itu. Gunung, padang rumput yang membentang, jalanan yang berkelok-kelok menyatu memberi kesan eksotisme khas pedalaman. Setelah melewati perjalanan darat berjam-jam dari Palu, dengan medan tempuh yang lumayan gak asik, kami akhirnya semakin dekat ke tujuan yaitu Desa Doda, Lembah Besoa, Lore, Kab. Poso. *** Gagasan untuk mengunjungi situs megalitik di lembah Besoa, Napu muncul secara spontan di kepalaku. Awalnya tujuan kami bukan Napu melainkan hanya sampai di Danau Tambing, sebuah danau rekreasi di daerah Taman Nasional Lore Lindu sekitar 3 jam dari kota Palu. Sudah beberapa kali kawan-kawan kantor saya mengajak untuk camping di danau itu, namun saya tolak karena beberapa alasan. Hingga suatu hari, ketika saya dan teman-teman sesama anggota Eng

USS Indianapolis:Men of Courage, Kisah Tragis di Balik Bom Atom Hiroshmia

Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di masa perang dunia II. Kala itu situasi dunia tengah memanas. Setelah pengeboman Pearl Harbor di Hawai oleh Jepang, Amerika Serikat berniat untuk melakukan balas dendam. Dendam yang akhirnya berujung menjadi salah satu tragedi kemanusiaan terbesar di abad ke 21. Berkisah tentang tenggelamnya kapal perang AS,USS Indianapolis yang menyisakan tragedi mengerikan bagi para awaknya. Adalah kapten McVay (diperankan oleh Nicholas Cage) yang mendapat titah dari pemerintah AS untuk menjalankan sebuah misi rahasia ke sebuah pulau terpencil di Samudera Pasifik. McVay diperintahkan untuk memimpin Kapal Induk USS Indianapolis, salah satu kapal perang terbesar saat itu, yang ternyata memuat salah satu elemen penting dalam pembuatan bom atom' Little Boy" yang nantinya akan dijatuhkan di Hiroshima. Meski tak satupun dari mereka yang mengetahui apa yang tengah mereka muat di atas kapal, Kapten Mcvay menerima perintah tersebut. Sebelum b